lulur tradisional alami

Suburkan Rambut Dengan Minyak Kemiri


Kemiri konon berasal dari Maluku yang ditemukan secara liar di atas permukaan laut. Buahnya menyerupai batu kecil dengan bentuk bulat menyerupai bola.  Kulit bijinya sangat keras.  Untuk bumbu masakan biasanya kemiri digunakan untuk resep semur, gule, dan makanan bersantan lainnya. Selain sebagai bumbu, manfaat kemiri untuk kesehatan adalah sebagai obat alami berbagai penyakit seperti diare, disentri, sakit perut, sakit gigi, hingga bisul.

Peran lainnya adalah untuk kecantikan dimana kemiri yang diolah menjadi bubuk kasar bisa digunakan sebagai scrub yang akan membantu menyehatkan kulit. Scrub yang digunakan akan menghilangkan kulit mati dan menggantinya dengan kulit yang lebih sehat sehingga bisa menjaga kecantikan .

Manfaat kemiri untuk rambut adalah untuk menghitamkan dan menebalkan rambut. Fungsi ini bisa terasa jika kemiri diolah menjadi minyak kemiri. Minyak kemiri digunakan secara langsung ke kulit kepala dan dilakukan pemijatan, diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih. Minyak kemiri ini juga bisa memperkuat dan memperbaiki tumbuhnya rambut.

Anda bisa merasakan manfaat kemiri untuk rambut jika penggunaannya telaten seminggu tiga kali. Penggunaan yang hanya sekali atau jarang dilakukan tidak akan memberikan hasil yang optimal.

Apa sih yang terkandung di dalam kemiri sehingga bisa berkhasiat? Kemiri mengandung saponin, falvonoida, dan polifenol dimana ketiganya memiliki peran yang cukup besar bagi kesehatan. Kandungan lainnya adalah zat gizi mikro seperti  protein, lemak, dan karbohidrat. Bukan hanya itu, kemiri memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Selain itu kandungan lain yang tidak kalah memberi manfaat adalah  vitamin, folat, serta fitosterol bisa menghambat pembentukan kolesterol. Proteinnya berupa asam amino esensial maupun nonesensial berfungsi untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan antibodi.

Secara lengkap pengolahan kemiri adalah sebagai berikut.

   1. Tumbuk kemiri hingga hancur.
   2. Rebus kemiri dengan air hingga mengeluarkan minyak.
   3. Ambillah minyak kemiri yang mengapung di atas air.
   4. Saringlah minyak hingga jernih.
   5. Simpanlah minyak ke dalam botol dan simpan botol di tempat yang sejuk.
   6. Gunakan secara rutin seminggu tiga kali.

Nah, silakan mencoba manfaat kemiri untuk rambut Anda.

0 komentar:

Posting Komentar