lulur tradisional alami

Apa Saja Reaksi Anak Setelah Mengalami Kejadian Tragis?


Banyak sekali kejadian-kejadian yang bisa dialami keluarga kita sewaktu-waktu. Mulai dari terkena bencana alam, kecelakaan, atau ada saudara yang meninggal. Kita tidak ingin dan tidak merencakan hal itu terjadi, tapi bukan kita kan yang menentukan.

Setelah mengalami kejadian tersebut, kita mungkin merasa lemah baik secara fisik maupun psikis. Tapi ingat, anak Anda juga membutuhkan seseorang untuk membuatnya bangkit dan tidak larut dalam kesedihan tersebut.


Seperti yang diulas dalam mayoclinic.com, ada bermacam-macam perubahan emosi pada anak setelah dirinya mengalami suatu kejadian terutama yang tragis, seperti ketakutan, shock, amarah, dan sedih yang berkelanjutan.

Selain itu, umur anak Anda juga berpengaruh pada usahanya dalam mengatasi stres yang ia rasakan, misalnya:

- Balita atau usia playgroup dan TK
Anak-anak pada usia ini bisa jadi sulit dalam membiasakan perubahan yang ada setelah adanya kejadian tersebut. Mereka juga akan melihat bahkan meniru dari emosi dan perilaku Anda, apakah Anda tetap tegar atau kehilangan semangat.

- Anak-anak usia SD dan awal SMP
Anak-anak pada usia ini bisa mengalami mimpi buruk atau kesulitan saat tidur, takut saat akan pergi ke sekolah, susah berkonsentrasi atau menjadi pemarah tanpa alasan yang jelas.

- Remaja usia akhir SMP dan SMA
Ada yang tidak mengakui bahwa mereka bersedih, tapi ada juga yang menjadi pemberontak.
Jadi, disinilah peran Anda untuk selalu memotivasi anak dan lebih mendekatkan diri pada mereka.

Kalau hal diatas masih dialaminya 2-4 minggu lebih, mungkin Anda bisa meminta bantuan untuk melakukan konsultasi dengan seorang psikolog misalnya untuk mengatasi traumanya.


http://www.vemale.com/topik/kesehatan-anak/34232-apa-saja-reaksi-anak-setelah-mengalami-kejadian-tragis.html


0 komentar:

Posting Komentar