Gendong, Baik Untuk Anak dan Orang Tua


Menggendong nampaknya terlihat sebagai hal yang sangat biasa dan lazim dilakukan oleh orang tua. Akan tetapi, hal ini ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi orang tua maupun anak.

Seperti dilansir oleh pregnancy.com.au bahwa menggendong bayi dengan alat apa pun akan membuat bayi merasa sangat nyaman. Anak akan merasa diperhatikan dan mendapat kasih saying yang sangat baik. Selain itu ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu dan anak dari kegiatan menggendong ini.

Manfaat pertama adalah bayi merasa lebih senang pada saat digendong. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bayi yang digendong akan lebih jarang menangis. Perbedaan tersebut ternyata cukup signifikan hingga mencapai 43% secara keseluruhan dan 54% pada saat malam hari.


Kedua, bayi akan lebih cepat berkembang. Selain memperkuat ikatan antara orang tua dan anak, menggendong bayi ternyata juga mampu membuat anak tumbuh dan berkembang dengan lebih baik dari segi kesehatan, fisik, intelektual dan perkembangan social.

Manfaat ketiga adalah bayi akan bisa tidur dalam waktu yang lebih lama dan nyenyak. Pasalnya bayi akan merasa lebih nyaman dan juga aman pada saat di dalam gendongan orang tua.

Manfaat keempat adalah orang tua akan menjadi lebih baik karena bisa mengetahui sinyal-sinyal yang diberikan anak selain dengan cara menangis. Kelima, orang tua akan merasa lebih bahagia karena bayi lebih jarang menangis. Hal ini tentunya akan menghindari resiko stres dan juga depresi pada orang tua.


http://www.vemale.com/topik/kesehatan-anak/27999-gendong-baik-untuk-anak-dan-orang-tua.html

0 komentar:

Posting Komentar