lulur tradisional alami

Kiat Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak


Banyak yang bisa didapatkan anak dari kegiatan memelihara hewan. Salah satunya meningkatkan kecerdasan emosi mereka. Tapi, ada syarat yang harus dipenuhi agar memelihara hewan jadi berkah, bukan bencana.


Bagaimana cara yang cocok memilih hewan peliharaan untuk anak? Berikut kiat memilih hewan peliharaan anak sebagaimana dilansir dari situs melindahospital.com :

1. Hewan peliharaan bisa didapat dari pet shop, peternak, bahkan dari teman atau kerabat. Namun, pastikan Anda mengetahui riwayat kesehatannya. Apakah hewan tersebut sudah divaksinasi atau belum?

2. Jika Anda dan pasangan termasuk orang sibuk, pilihlah hewan yang tidak membutuhkan banyak interaksi, mengingat anak-anak belum bisa sepenuhnya mengurus hewan. Ikan, kucing, dan kelinci merupakan hewan yang tidak membutuhkan interaksi terlalu banyak.

3. Perhatikan usia hewan. Memang anak kucing atau anak anjing sangat lucu dan menggemaskan, namun pasti membutuhkan perawatan ekstra. Pikirkan lagi untuk memelihara hewan yang usianya masih kecil.

4. Perhatikan karakter hewan, khususnya jika ingin memelihara anjing. Jika memungkinkan peliharalah anjing yang sudah berumur dan terlatih.

5. Apakah anak alergi pada beberapa hewan? Misalnya bulu kucing? Cari tahu terlebih dahulu permasalahan ini lalu temukan hewan peliharaan yang tepat bagi anak.

6. Setelah anak mendapat hewan peliharaan yang pas, ingatkanlah anak untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik setelah mereka bersentuhan dengan hewan.

7. Jagalah hewan peliharaan tetap sehat dan diberi vaksin secara teratur

sumber: tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar