lulur tradisional alami

Lima Manfaat Lidah Buaya


Lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer) lazim dikenal sebagai tanaman hias yang getahnya dapat dijadikan penyubur rambut. Getah herba yang memiliki nama internasional Aloe vera ini juga banyak digunakan dalam produk kecantikan dan ampuh meredakan luka bakar.


Berdasar hasil penelitian, tanaman serupa kaktus ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa khasiat lidah buaya beserta cara pengolahannya untuk mengatasi masalah kesehatan:

1. Meredakan radang tenggorokan.

Radang tenggorokan atau pharyngitis bisa disebabkan oleh infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Akibatnya mereka yang terkena radang tenggorokan merasakan sakit saat menelan makanan.

Solusinya, olah tanaman lidah buaya sebagai pereda. Caranya, lidah ambil selembar daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dikupas. Haluskan potongan lidah buaya dengan blender dan tambahkan satu sendok makan madu murni, minum tiga kali sehari.

2. Mengobati ambeien.

Ambeien atau wasir adalah gangguan kesehatan ringan karena pelebaran pada pembuluh balik atau pembengkakan submukosa bagian rektum dan anus.

Ambeien dapat diredakan dengan olahan lidah buaya. Caranya parut setengah batang daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dihilangkan durinya. Tambahkan setengah gelas air panas lalu diperas. Tambahkan dua sendok makan madu pada sari lidah buaya dan minum tiga kali sehari dalam keadaan hangat.

3. Melancarkan buang air besar.

Olahan lidah buaya disarankan untuk memperlancar detoksifikasi, membantu kinerja pencernaan dan gerakan usus, serta menjaga berat badan. Khasiat ini didapat dari kandungan aloemoedin dan aloebarbadiod dalam lidah buaya.

Caranya ambil potongan lidah buaya dan didihkan di atas api kecil selama sekitar 40-45 menit. Biarkan campuran mendingin kemudian saring untuk menghilangkan endapan dan kotoran. Setelah disaring, minum langsung untuk mendapatkan manfaat optimal.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi lidah buaya setidaknya selama 5 hari berturut-turut, kemudian beristirahat selama 2 hari. Cara ini baik untuk mengatasi sembelit kronis dan mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus besar.

4. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus.

Lidah buaya yang rasanya pahit dan bersifat dingin merangsang produksi insulin oleh pankreas tanpa meningkatkan berat badan. Karenanya, Aloe vera disarankan bagi penderita diabetes tipe 2.

Caranya, bersihkan dua batang lidah buaya, buang duri dan kulitnya, lalu cuci lendirnya. Potong-potong lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu setengah gelas air. Biarkan dingin lalu saring. Konsumsi 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas.

5. Menyuburkan rambut.

Rambut tebal sehat berkilau, jamak menjadi idaman wanita. Mengolesi rambut dengan getah lidah buaya, adalah rahasia yang turun-temurun digunakan wanita Indonesia. Caranya, ambil 2 pelepah lidah buaya lalu cuci dan kupas. Gosokkan daging buah pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

sumber: suaramerdeka.com

8 komentar:

Industrial Maintenance mengatakan...

terimakasih untuk infonya

motivator indonesia mengatakan...

infonya makasih yaa

Cleaning Services mengatakan...

makasih banyak buat informasinya

Armstrong mengatakan...

makasih untuk informasi yang bermanfaat,

Saraf Kejepit mengatakan...

infonya bermanfaat sekali, terimakasih yaa

Belajar Forex mengatakan...

wah wah makasih banyak yaa

percetakan jakarta mengatakan...

sangat bermanfaat sekali, makasih yaa

ripky mengatakan...

terimakasih atas infonya.sangat bermanfaat lo mas

Posting Komentar